Ridwan Kamil sudah ingatkan Bupati Supendi tak korupsi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil prihatin Bupati Indramayu Supendi terjaring operasi tangkap tangan KPK.

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan informasi pada acara Informasi Kang Emil (informil) Satu Tahun Jabar Juara di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/9). /Antara Foto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku prihatin Bupati Indramayu Supendi terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Padahal, ia sudah memperingatkan Supendi untuk tak terlibat praktik-praktik lancung. 

"Pada saat pelantikan, saya sudah ingatkan yang bersangkutan agar menjauhi godaan yang pastinya datang tiap hari. Karena jadi pemimpin itu berat," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Rabu (16/10).

Kang Emil melantik Supendi menjadi Bupati Indramayu pada 7 Februari 2019 menggantikan Anna Sophanah yang mengundurkan diri. Jabatan awal Supendi adalah wakil bupati.

“Tadinya saya berharap pergantian bupati itu menuju ke arah yang lebih baik. Tapi belum genap satu tahun bupatinya sudah kena OTT. Ini sangat memprihatinkan. Kasihan warga Indramayu," ujar dia. 

Supendi ditangkap saat sedang menonton wayang di kediamannya di Desa Bongas, Indramayu, Senin (14/6) lalu. Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara terkait pengaturan proyek di lingkungan pemerintah Kabupaten Indramayu tahun 2019.