Pandemi momentum perbaiki ekosistem pendidikan

Upaya mencetak SDM unggul tak boleh surut karena Covid-19.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanatnya di Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama, Selasa (3/11/2020)/Foto BPMI-Setpres via Setkab

Presiden Joko Widodo memandang situasi pandemi Covid-19 saat ini momentum tepat untuk memperbaiki ekosistem pendidikan nasional. Hal itu disampaikan Jokowi saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode 6 dengan tema "Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi" secara virtual.

"Pandemi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbaiki ekosistem pendidikan nasional. Salah satunya perguruan tinggi," ucapnya dalam kegiatan yang juga ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/11).

Upaya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, lanjut Jokowi, tak boleh surut dan berhenti meski dilanda pandemi Covid-19.

Presiden juga menekankan pentingnya kebijakan KPI (Key Performance Indicators) dosen, program prioritas perguruan tinggi beserta alokasi anggaran, infrastruktur, hingga berbagai SOP (Standard, Operating Procedure) yang harus segera dirumuskan.

“Demikian pula halnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berbagai standar normalitas baru harus dirumuskan,” jelanya.