Panglima TNI akan bertolak ke Wamena

Beserta Panglima TNI turut serta Kapolri dan sejumlah menteri.

Menko bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan (kiri) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan), Selasa, (1/10). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Untuk meninjau secara langsung kondisi terkini pascakerusuhan, Panglima TNI Hadi Tjahjanto beserta Kapolri dan sejumlah menteri akan bertolak ke Wamena, Papua, pada Senin (7/10). Hal tersebut disampaikan Hadi usai gelaran HUT ke-74 TNI di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (05/10).

"Pada 7 (Oktober) Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN dan PUPR akan langsung terjun ke lapangan, ke Wamena," kata Hadi.

Dijelaskan Panglima TNI, sejauh ini terdapat 3800 pengungsi di Wamena dan 8600 pengungsi di Jayapura. Mereka mengungsi diberbagai tempat seperti Koramil, Polsek dan rumah-rumah saudara.

"Di Jayapura sendiri itu ada 8600 orang tapi yang ada di penampungan itu hanya 3500, dan 5000 lainnya karena ikut saudaranya yang ada di wilayah Jayapura," papar Panglima TNI.

Hadi menuturkan banyak masyarakat Papua dan pendatang menginginkan permasalahan ini segera berakhir sehingga stabilitas keamanan juga dapat dirasakan kembali.