Pantau banjir, Kepala BNPB kunjungan kerja ke Kalbar dan Kalteng

Kepala BNPB juga akan memastikan agar penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik.

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (kemeja putih mengenakan rompi) saat naik ke pesawat caravan BNPB hendak melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Sabtu (20/11/2021). Foto humas BNPB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto melakukan kunjungan kerja guna meninjau kondisi banjir di Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (20/11).

Lokasi pertama yang akan dikunjungi Suharyanto adalah Kabupaten Sintang di Kalimantan Barat, guna melihat perkembangan penanganan dan mengecek langsung bantuan serta dukungan yang disalurkan beberapa waktu lalu telah diterima kepada penerima hak.

Sejalan dengan itu, Kepala BNPB juga akan memastikan agar penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik dan mendapatkan informasi di lapangan kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Setelah meninjau banjir di Kabupaten Sintang, Suharyanto kemudian akan langsung bertolak menuju Provinsi Kalimantan Tengah untuk giat yang sama, yakni meninjau banjir yang melanda Kota Palangka Raya dan Pulang Pisau.

Kehadiran Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto di tengah bencana itu juga menjadi wujud respons cepat atas arahan Presiden Joko Widodo agar BNPB bekerja lebih keras. Sebab, sebagian besar wilayah Indonesia saat ini mengalami musim penghujan ditambah adanya fenomena La Nina, yang mana hal itu kemudian juga dapat membawa dampak potensi bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.