Pasca-kerusuhan, penghuni Rutan Siak akan dipindah

Pemindahan terjadi setelah insiden kerusuhan dan pembakaran Rutan Siak, Sabtu dini hari, yang mengakibatkan hampir seluruh bangunan ludes.

Sejumlah narapidana berada di dekat puing-puing bangunan yang hangus terbakar pasca-kerusuhan di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (11/5/2019). ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau M Diah mengatakan ratusan warga binaan yang menghuni Rutan Klas II B Siak akan dipindah ke sejumlah Rutan/Lapas yang ada di provinsi tersebut.

Pemindahan itu dilaksanakan setelah insiden kerusuhan dan pembakaran Rutan Siak, Sabtu dini hari, yang mengakibatkan hampir seluruh bangunan ludes. Dari 648 penghuni Lapas Klas IIB Siak itu, untuk sementara ini, 119 orang telah dipindah ke gedung serba guna setempat.

Sementara sisanya yang masih bertahan di rutan Siak akan dipindah ke beberapa daerah. Namun, belum diketahui pasti berapa total warga binaan yang masih bertahan dan berapa yang telah melarikan diri.

"Kita akan data dulu. Hari ini juga dievakuasi," kata M Diah.

Dia menjelaskan Lapas Klas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru dan Rengat menjadi pilihan utama. Sementara itu, jika masih belum mencukupi Lapas Bengkalis juga menjadi pilihan.