Passing grade SKD CPNS bikin jutaan orang di daerah gugur

Ambang batas alias passing grade seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) membuat jutaan orang di daerah gugur.

Ambang batas alias passing grade seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) membuat jutaan orang di daerah gugur. / Antara Foto

Ambang batas alias passing grade seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) membuat jutaan orang di daerah gugur.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mencatat setidaknya ada 4 juta orang pelamar CPNS pada 2018. Dari jumlah itu, hanya 1,8 juta pelamar yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian dengan sistem computer assisted test (CAT).

Seleksi itu kembali membuat jutaan orang pelamar CPNS berguburan. Tercatat, hanya 8% dari 1,8 juta orang yang lolos seleksi. Artinya, kurang dari 100.000 orang yang berhasil lolos dari kebutuhan total 200.000 formasi PNS.

Padahal, pemerintah memerlukan setidaknya 714.000 pelamar CPNS yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) hingga lanjut seleksi kemampuan bidang (SKB). Akhirnya, kebutuhan PNS sebanyak 238.000 orang pada 2018 dapat terisi, baik tingkat pusat maupun daerah.

Dari Bali dilaporkan hanya 581 peserta CPNS pemerintah provinsi yang lolos SKD memenuhi passing grade. Dari 9.940 peserta yang hadir mengikuti CPNS Pemprov Bali 2018, yang memenuhi passing grade hanya 581 orang.