Nasional

Pastikan penanganan darurat berjalan, Kepala BNPB akan kunjungi lokasi terdampak

BNPB sudah melakukan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, TNI-Polri untuk memastikan langkah-langkah awal penanganan.

Sabtu, 04 Desember 2021 21:35

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto segera mengunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal itu disampaikan Suharyanto dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual pada Sabtu (4/12) malam.

"Atas petunjuk Bapak Presiden, saya sebagai Kepala BNPB akan ke lokasi besok pagi ini, untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat khususnya penanganan pengungsi berjalan secara tepat dan cepat meminimalkan potensi korban," jelas dia.

Terkait itu, BNPB sudah melakukan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, TNI-Polri untuk memastikan langkah-langkah awal penanganan dan penyelamatan masyarakat terdampak, serta pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi dapat terpenuhi.

“Kami sudah berkordinasi juga dengan TNI-Polri untuk memastikan langkah-langkah penanganan dan penyelamatan para masyarakat," jelasnya.

Selanjutnya, BNPB sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat dan logistik dasar lainnya. 

Ratih Widihastuti Ayu Hanifah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait