Pelaksanaan vaksinasi di Jateng sarat masalah

Terjadi gangguan pada aplikasi KPC-PEN, salah satunya.

Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di RSUD Adhyatma Tugurejo, Kota Semarang, Jateng, Kamis (14/1/2021). Dokumentasi Pemprov Jateng

Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kota/Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (14/1) sarat masalah. Terjadi gangguan sistem, misalnya.

Hal tersebut, terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, paling serius terjadi di Kabupaten Semarang. Imbasnya, registrasi ulang pada aplikasi Komisi Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bermasalah.

“Belum semua mendaftar ulang. Di tiga daerah itu (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Surakarta) ada gangguan sistem, terutama di Kabupaten Semarang agak terganggu," ucapnya. Namun, sudah diperbaiki dari pusat.

Dampak selanjutnya, banyak tenaga kesehatan (nakes) calon penerima imunisasi belum bisa mendaftar ulang dan melakukan vaksinasi pada hari pertama. Namun, enam orang pejabat setempat telah disuntik.

Persoalan lainnya, beberapa dari 800 nakes yang telah divaksin belum layak menerima suntikan. Adapula yang tidak hadir padahal sudah mendapatkan jadwal imunisasi di hari tersebut.