Pembayaran KCI dan PPD segera diintegrasikan

Awalnya, sistem ini akan diluncurkan pada tahun ini, namun sampai saat ini sistem tersebut masih dalam proses di Bank Indonesia (BI)

Warga membeli kartu Jak Lingko di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Senin (17/12)./AntaraFoto

Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono telah melakukan pree launching integrasi kartu pembayaran elektronik transportasi antara Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) di Stasiun Sudirman, Senin (31/12) sore.

Awalnya, sistem ini akan diluncurkan pada tahun ini, namun sampai saat ini sistem tersebut masih dalam proses di Bank Indonesia (BI).

Walau begitu, pree launching tetap dilakukan untuk membuktikan kepada masyarakat pemerintah sudah serius mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi.

Secara umum proses integrasi e-ticketing ini tidak ada kendala berarti. "Tetapi prosesnya itu harus dilakukan dengan secara bertahap," ucap Bambang.

Pada tahapan pertama Kementerian Perhubungan harus membuat spesifikasi teknis yang sama dengan BI. Setelah itu BI perlu mengaudit semua penyelenggara angkutan masal.