Pemerintah kembangkan pembiayaan berbasis intelectual property

KEK Singhasari merupakan tempat Animation and Film Factory (AFF)

Ilustrasi animasi. Foto Pixabay.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pelaksanaan pilot project pengembangan Intelectual Property (IP) Financing di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Kami ingin KEK Singhasari sebagai pusat animasi dunia," kata Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Hotma Parlindungan Manurung, dikutip Minggu (6/10).

KEK Singhasari sendiri merupakan tempat Animation and Film Factory (AFF). Salah satu klaster bisnis yang dikembangkan di KEK Singhasari saat ini adalah bisnis konten. KEK Singhasari telah diresmikan Menteri Parekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pada 25 Oktober 2022.

KEK Singhasari menurut Henky diproyeksikan menjadi ekositem konten kreator terbesar di Indonesia. Saat ini diketahui AFF memiliki sekitar 20 studio dengan 500 kreator, yang menganut pola plasma yaitu saling mendukung, dan ekosistem kampung animasi.

"Di KEK ini juga terdapat beberapa studio yang telah memiliki IP dan telah didaftarkan hak kekayaan intelektual (HAKI) atas nama pribadi," ujarnya.