Pemerintah klaim sudah salurkan masker dan APD ke daerah

Kata Achmad Yurianto, masker dan APD diberikan ke RS pemerintah, swasta, dan faskes lain yang berpotensi terpapar coronavirus (Covid-19).

Juru bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Foto Antara/Aditya Pradana Putra

Pemerintah mengklaim, telah mendistribusikan masker dan alat pelindung diri (APD) ke sejumlah daerah. Alat-alat kesehatan (alkes) tersebut akan digunakan tenaga medis penangan pasien coronavirus baru (Covid-19).

"Kami telah melakukan pendorongan logistik berupa APD dan masker dari Jakarta ke daerah," kata Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Batam, Tanjung Pinang, Medan, dan Banda Aceh, beberapa daerah tujuan pengiriman alkes. Juga dikirim ke Balikpapan, Tarakan, Gorontalo, Manado, Palu. Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

APD yang didistribusikan sekitar 5.000-7.000 lembar. Sementara jumlah masker yang didistribusikan mencapai 20.000-150.000 masker.

"Ini adalah bukti kalau pemerintah berkepentingan dan sangat memperhatikan kebutuhan layanan di daerah, yang dilaksanakan tenaga kesehatan," tutur Yuri, sapaannya.