Pemerintah pastikan aspek lingkungan Freeport terjaga

Kementerian Lingkungan Hidup akan memastikan kualitas pengelolaan lingkungan Freeport.

Pemerintah Indonesia berhasil menguasai saham Freeport 51%./Antara Foto

Pemerintah Indonesia berhasil menguasai saham mayoritas milik PT Freeport Indonesia lewat PT Inalum (Persero). Setelah berhasil menguasai saham Freeport, Pemerintah memastikan aspek lingkungan sekitar pertambahangan semakin terjaga.

Seperti diketahui, proses pengambilalihan mayoritas saham Freeport merupakan amanat Presiden Joko Widodo dengan melibatkan Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Nah, keterlibatan KLHK ini akan dimanfaatkan Menteri Siti lewat kualitas pengelolaan lingkungan Freeport. Nantinya, kualitas akan terus ditingkatkan dengan mengawal dan menjaga dari aspek lingkungan.

Aspek lingkungan memang menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam menyelesaikan divestasi saham. Menteri Siti telah menurunkan tim khusus untuk mengawal kesepakatan bidang lingkungan dengan Freeport. Kepatuhan lingkungan menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi pihak perusahaan.

"Selain mengendalikan limbah tailing secara ramah lingkungan. Perusahaan kami dorong dapat mencari terobosan untuk pemanfaatan limbah tailing sebagai bahan baku industri sehingga tidak hanya bermanfaat Freeport, tetapi juga bermanfaat bagi industri lainnya," kata Siti pada Jumat (13/7).