Pemerintah segera rehabilitasi fasilitas umum terdampak gempa Cianjur

Berdasarkan data BNPB per 2 Desember sore, gempa merusak merusak 520 sekolah, 264 tempat ibadah, dan 14 fasilitas kesehatan.

Presiden Jokowi (kiri depan) meninjau SMP Negeri 1 Warungkondang di Kabupaten Cianjur, Jabar, pada Senin 05/12/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Pemerintah pusat memastikan segera merehabilitasi berbagai fasilitas pendidikan yang sempat rusak akibat gempa M5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada 21 November 2022.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau SMP Negeri 1 Warungkondang di Cianjur, Senin (5/12). Dia didampingi Kepala BNPB, Suharyanto; Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum; dan Bupati Herman Suherman; dalam kunjungan tersebut.

"[Rehabilitasi] di SMP 1 di Warungkondang tadi dimulai. Nanti yang lain juga sama karena tidak hanya 1-2. Ini banyak [fasilitas pendidikan yang rusak], tapi segera dimulai," tuturnya.

Sebelum ke SMP Negeri 1 Warungkondang, Jokowi dan rombongan sempat meninjau Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah. Selain itu, meninjau rumah khusus tahan gempa (Risha) di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

Jokowi melanjutkan, pemerintah juga segera memperbaiki fasilitas sosial lainnya yang terdampak gempa. Menurutnya, reruntuhan dan puing akibat gempa sudah dibersihkan sehingga mempercepat proses rehabilitasi.