Pemerintah tetapkan Idulfitri 1441 Hijriah pada Minggu

Keputusan diambil dalam sidang isbat yang digelar Kemenag.

Petugas Kemenag melakukan pemantauan hilal di Gedung Kebudayaan Sumatera Barat di Padang, Sumbar, Jumat (22/5/2020). Foto Antara/Iggoy el Fitra

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Lebaran 2020 jatuh pada Minggu (24/5). Keputusan diambil dalam sidang itsbat yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta dan secara daring (online), Jumat (22/5) petang.

"Semua melaporkan tidak melihat hilal (bulan baru). Oleh karena metode hisab posisi hilal di bawah ufuk dan laporan perukyat tidak melihat hilal, maka sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020," tutur ucap Menteri Agama, Fachrul Razi, beberapa saat lalu.

Sidang isbat digelar sesuai protokol kesehatan karena digelar saat pandemi coronavirus anyar (Covid-19). Pembatasan peserta, salah satunya.

Dengan demikian, sidang hanya diikuti beberapa tamu undangan. Sementara itu, unsur pimpinan ormas Islam mengikuti pertemuan melalui aplikasi pertemuan daring dan wartawan meliput via siaran langsung di televisi yang ditunjuk ataupun media sosial Kemenag.

Untuk mengetahui posisi hilal, Kemenag menyebar perukyat di 80 titik se-Indonesia. Mengukur awal Syawal sesuai hisab, cara yang ada dan dilakukan mayoritas ormas Islam, serta rukyat.