Pemprov DKI ajak pengusaha kurangi sampah

Dunia usaha diharapkan menerapkan upaya pengurangan dan penanganan sampah yang bertanggung jawab di Jakarta.

Peluncuran program Jakarta Less Waste Initiative (JLWI) di Jakarta, Kamis (13/6). Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta meluncurkan program Jakarta Less Waste Initiative (JLWI), guna mengurangi sampah di Ibu Kota yang telah mencapai 7.500 ton per hari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih mengatakan, program tersebut mengajak pemilik atau manajemen gedung, perkantoran, mal, dan restoran, berperan dalam upaya pengurangan sampah Jakarta.

“Dengan adanya inisiatif ini, tujuannya adalah dunia usaha dapat menerapkan upaya pengurangan dan penanganan sampah yang bertanggung jawab di Jakarta, serta dapat berkontribusi untuk melakukan pengurangan sampah sebesar 10% di lokasi usahanya,” kata Andono Warih di JSC Hive by CoHive, Jakarta, Kamis (13/6).

Andono menjelaskan, selama program berlangsung, partisipan akan mendapatkan pelatihan persampahan, konsultasi, monitoring, dan evaluasi. Pemprov DKI telah menyiapkan apresiasi terhadap para peserta yang mengikuti program dengan hasil terbaik.

“Peserta dengan praktik pengolahan dan pengurangan sampah terbaik akan mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta pada bulan November 2019,” ujarnya.