Pemprov Jatim pulangkan 100 warganya yang ada di Wamena

Pemprov telah berkoordinasi dengan Komandan Lapangan Udara Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang untuk meminjam pesawat Hercules

Warga antre menaiki pesawat milik TNI di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (28/9).AntaraFoto

Pemprov Jawa Timur menjemput kembali 100 warga Jatim yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, menggunakan tiga pesawat Hercules. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Pemprov Jatim Jonathan Judianto, mengatakan, seluruh warga Jatim yang pulang akan melalui Sentani, Jayapura. Nantinya warga bermalam dulu di Biak. Selanjutnya melakukan perjalanan dan pesawat landing di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang.

"Hari ini mereka berangkat dari Sentani, dan bermalam dulu di Biak. Selanjutnya pesawat menuju Bandara Malang," ujar Jonathan, di Grahadi, Selasa (1/10). 

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemprov telah berkoordinasi dengan Komandan Lapangan Udara Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang untuk meminjam pesawat Hercules.

Hanya saja pesawat yang bisa dioperasikan untuk menjemput, hanya tiga unit dari lima buah yang dimiliki TNI AU. Sisanya dipergunakan untuk persiapan HUT TNI pada 5 Oktober.