Pemudik diimbau tidak menyeberang ke Bakauheni di malam hari

Pemudik diimbau berangkat pada siang hari agar tak terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten

Sejumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatera antre sebelum masuk ke kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (26/5)./AntaraFoto

Musim mudik segera dimulai. Pemudik yang hendak ke Sumatera diimbau berangkat siang hari agar tak terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten. Puncak arus mudik di pelabuhan ini diperkirakan terjadi pada 30 Mei hingga 1 Juni 2019.

"Kami mengimbau kepada pemudik tidak melakukan penyeberangan di malam hari karena diprediksi akan padat. Kalau siang hari stabil. Makanya upayakan siang hari," kata Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir kepada wartawan, Rabu (29/5).

Ia menerangkan tiap satu menit sebanyak 19 kendaraan roda empat bisa masuk ke dalam kapal. Sementara jumlah kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak pada saat puncak arus mudik diperkirakan sebanyak 68 per menit.

Guna mengurangi kepadatan, Polda Banten telah melakukan pengalihan penyeberangan truk pengangkut barang ke Bojonegara. Empat kapal telah disiapkan untuk mengangkut 1.000 kendaraan per hari.

Untuk mempercepat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak, telah disiapkan tiga dermaga khusus untuk mengangkut dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni secara cepat. Ketika kembali ke Merak, kapal diperkirakan dalam keadaan kosong.