Penataan lanjutan Waduk Sunter dilakukan awal 2021

Penataan Waduk Sunter merupakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Pekerja menyelesaikan pemasangan turap di Waduk Sunter Selatan, Jakarta, Senin (28/10/2019). Foto Antara/dokumentasi

Proyek lanjutan penataan Waduk Sunter Jakarta Utara kembali dikerjakan paling telat awal 2021. Awalnya penataan lanjutan Waduk Sunter digarap pada pertengahan 2020. Namun tertunda lantaran adanya refocusing anggaran untuk penanganan wabah Covid-19, maka penataan waduk tersebut ditunda.

“Selambatnya penataan tahun depan, tetapi tahun ini sedang kami upayakan mencari sumber-sumber pembiayaan lain. Salah satunya melalui dana CSR (pertanggung jawaban sosial perusahaan),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria di Jakarta, Senin (20/7).

Penataan Waduk Sunter merupakan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Gubernur Anies ingin waduk tersebut diberdayakan, selain untuk menahan bencana banjir, juga untuk kegiatan olahraga, sosial-ekonomi dan budaya bagi masyarakat Jakarta.

"Area di sekitar waduk akan dibangun tempat sarana publik seperti lintasan lari, lokasi binaan pedagang, kolam pemancingan, taman dan sebagainya," ujarnya.

Riza mengaku Waduk Sunter sebelumnya kerap dimanfaatkan sejumlah orang untuk melakukan hal-hal yang tidak semestinya, seperti tempat mesum. Dengan dilakukan penataan, diharapkan merubah wajah waduk menjadi semakin teratur dan bebas dari kegiatan dan citra yang tidak baik.