Pendistribusian vaksin Covid-19 tidak ada kendala

Ini sudah dilakukan bertahun-tahun. "Ini bukan program vaksinasi pertama kali yang dilakukan di Indonesia," ujar Bambang.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 milik Sinovac tiba di Jakarta pada Kamis (31/12/2020). Foto Sekretariat Presiden RI

Hingga kini tidak ada kendala distribusi vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia. Sebab, program itu sudah sering atau setiap tahun dilakukan.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Biofarma, Bambang Herianto mengatakan, pendistribusian vaksin tidak akan sulit lantaran letak geografis Indonesia yang beragam seperti yang dibayangkan oleh banyak orang.

Sebab, menurut dia, ini sudah dilakukan bertahun-tahun. "Ini bukan program vaksinasi pertama kali yang dilakukan di Indonesia. Banyak sekali program vakisnasi telah dilakukan selama ini dan itu berjalan baik," kata Bambang dalam keterangannya, Minggu (3/1).

Bambang menyatakan, pendistribusian vaksin Covid-19 ke-34 provinsi di seluruh Indonesia sudah disiapkan dalam hal sarana prasarana mulai dari tempat penyimpanan, rantai dingin pengiriman, hingga ke fasilitas layanan kesehatan tempat pemberian vaksin.

Bahkan, dia memastikan, bahwa vaksin akan memenuhi persyaratan penyimpanan sesuai spesifikasi dalam proses rantai dingin pengiriman hingga penyimpanan, yaitu dalam rentang suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.