Pengamat: Kepuasan publik pada Jokowi bisa 80%

Sayangnnya menteri tidak responsif. Kalau menteri responsif, kepuasan publik bisa 80%. Persoalan ada di kinerja menteri.

Presiden Joko Widodo, Dokumentasi Setpres

Pengamat politik Emrus Sihombing mengatakan, tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo sebesar 60% bukanlah kabar mengejutkan. Menurut dia, tingkat kepuasan publik seharusnya bisa mencapai 80%.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi pada Minggu (24/7)i. Hasilnya, 64% responden merasa puas dengan kinerja Jokowi. Di bulan ini, Indikator Politik Indonesia dan indEX juga mengeluarkan hasil survei. Masing-masing menyebutkan kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi 67,5% dan 80,9%.  

Emrus mengatakan, 60% bisa diartikan tingkat kepuasan publik masih di batas aman dan mayoritas. Penyebabnya, Jokowi selalu hadir merespons kebutuhan masyarakat. Kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi bisa mencapai 80% kalau para menteri juga bekinerja baik.

"Jokowi responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Sayangnnya menteri tidak responsif. Kalau menteri responsif, kepuasan publik bisa 80%. Persoalan ada di kinerja menteri," kata Emrus, Selasa (26/7).

Emrus mengatakan, setidaknya ada tiga menteri Jokowi yang berkinerja cukup baik, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.