Pengamat sebut mudik lancar karena infrastruktur baik

Padahal, animo masyarakat untuk merayakan Lebaran di kampung amat tinggi setelah dua tahun tidak bisa mudik.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah. Foto fh.trisakti.ac.id

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mengapresiasi pemerintah yang menurutnya berhasil menangani mudik Lebaran tahun ini. Dia bilang, kesiapan infrastruktur darat sangat mempengaruhi kelancaran lalu lintas mudik.

"Mudik relatif berhasil. Pengaruh infrastruktur darat cukup besar. Infratstur berhasil memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, sehingga mudik tidak menimbulkan kemacetan berhari-hari," kata Trubus, Senin (23/5). 

Padahal, kata Trubus, animo masyarakat untuk merayakan Lebaran di kampung amat tinggi setelah dua tahun tidak bisa mudik. Dia mengakui di beberapa titik masih ada kemacetan, tapi bisa cepat diurai dengan baik. "Keamanan juga relatif baik. Mudik tahun ini juga minim kecelakaan," ujarnya.

Pernyataan Trubus tersebut menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Survei pada 10-12 Mei 2022 melibatkan 1.245 responden. Sebanyak 76,7% responden mengaku sangat dan cukup puas dengan kinerja presiden.

Meningkatnya kepuasan publik terhadap kinerja presiden didorong keberhasilan penanganan Covid-19 dan penyelenggaraan mudik. Sebanyak 74,6% responden puas dengan penanganan pandemi, 88% responden puas dengan pelayanan moda transportasi umum saat mudik.