Pentingnya mengaudit sistem keamanan maskapai penerbangan

Semua maskapai yang mengalami kendala dalam penerbangan harus menginformasikan kepada konsumen.

YLKI Bali desak otoritas audit maskapai Lion Air./Antara Foto

Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali mendorong pihak berwenang optimal dalam mengaudit sistem keamanan di seluruh maskapai penerbangan termasuk Lion Air. Hal ini guna memastikan keselamatan penumpang.

Direktur YLPK Bali I Putu Armaya di Denpasar mengatakan pentingnya audit untuk mendorong maskapai untuk memenuhi rasa kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang sesuai dengan pasal 4 UU 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. 

Armaya menambahkan seharusnya masalah teknis atau kerusakan yang menimpa maskapai penerbangan tidak terulang dan berkelanjutan.  

Berkaca dari pengalaman Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Senin (29/10).

Padahal sehari sebelumnya, pesawat itu sempat mengalami gangguan teknis saat melayani penerbangan dari Denpasar menuju Jakarta pada penerbangan terakhir pesawat dengan registrasi PK-LQP tersebut, walau gangguan teknis tersebut dapat ditangani sehingga pesawat dapat terbang ke Jakarta.