Penyebar hoaks demo tenaga kerja China ternyata pedagang batagor

Tersangka berinisial I mengaku menyebarkan vidio hoaks tersebut untuk membuat kegaduhan.

Ilustrasi Hoaks/ pixabay

Penyebar berita bohong atau hoaks terkait video aksi demonstrasi sejumlah tenaga kerja asing asal China di Morowali, Sulawesi Tengah, akhirnya ditangkap polisi. Adalah seorang pria berinisial I yang menyebarkan hoaks tersebut. Ia diketahui merupakan seorang pedagang batagor.

“Setelah videonya viral, dari tim siber langsung melakukan patroli siber. Kemudian ditemukan kreator dan buzzer-nya adalah tersangka berinisial I,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat ditemui di Jakarta pada Rabu (30/1).

Dedi menjelaskan, tersangka I ditangkap polisi di daerah Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 30 Januari 2019 pagi. Penangkapan tersangka I dilakukan terkait aksinya yang menyebarkan video tersebut sembari menambah narasi yang menyebut demonstrasi itu dilakukan oleh pekerja asing. 

Selain video, Dedi menuturkan, tersangka I juga menyebarkan foto beserta narasinya yang didapatkan dari jejaring media sosial Facebook. Saat pemeriksaan, kepada polisi I mengaku menyebarkan hoaks tersebut tujuannya untuk membuat gaduh di media sosial.

“Dia yang membuat narasi seolah-olah unjuk rasa warga negara asing. Motif perbuatannya untuk membuat gaduh di medsos,” kata Dedi.