Perintah Jokowi ke Anies atasi banjir Jakarta

Pembangunan sungai baik melalui konsep normalisasi maupun naturalisasi harus dilanjutkan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020)/Foto: Antara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menyelesaikan pembebasan lahan di kawasan Bidara Cina untuk menlanjutkan pembangunan sodetan Sungai Ciliwung.

"Saya minta sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk menyelesaikan masalah pembebasan lahannya," kata Presiden Jokowi saat menerima sejumlah kepala daerah terdampak banjir di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1).

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pembangunan sungai baik melalui konsep normalisasi maupun naturalisasi harus segera dilanjutkan.

Presiden menjelaskan, sungai yang perlu dibenahi tidak hanya Sungai Ciliwung, melainkan belasan sungai lainnya, termasuk Sungai Cipinang, Sungai Buaran dan Sungai Mookervart.

"Saya kira perlu dilakukan penormalan kembali sehingga aliran air di Jakarta bisa normal kembali," ucap Jokowi.