Persoalan yang sebabkan pelantikan kepala BNPB ditunda

Pelantikan kepala BNPB sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Rabu (2/1).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei memberikan pemaparan mengenai Evaluasi Penanggulangan Bencana 2018 dan Tantangan 2019, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (19/12)./ Antara Foto

Pelantikan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) oleh Presiden Joko Widodo mengalami penundaan. Awalnya, pelantikan direncanakan berlangsung di Istana Negara pada Rabu (2/1).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, penundaan pelantikan hanya disebabkan adanya kendala administrasi. 

"Karena jabatan kepala BNPB itu sendiri setingkat dengan menteri, sehingga ada beberapa persoalan administrasi yang harus diselesaikan terlebih dahulu," ujar Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (2/1).

Adapun kepala BNPB baru yang hendak ditunjuk Presiden Jokowi, adalah Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen Doni Monardo. Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini akan menggantikan Willem Rampangilei.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya memerintahkan Kepala BNPB Willem Rampangilei ke Sukabumi. Perintah tersebut, agar Willem menangani secara langsung bencana longsor yang terjadi di Cisolok, Sukabumi.