Pertemuan kedua DEWG G20 hasilkan dokumen Bali Package

Menkominfo mengapresiasi delegasi DEWG G20 dan mengajak untuk berpartispasi dalam sidang berikutnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Kominfo.go.id

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut, pertemuan kedua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia menyusun dokumen Bali Package. Dokumen itu merupakan hasil diskusi lanjutan dari pre-meeting workshop dan pertemuan DEWG pertama pada Maret 2022. 

Menurutnya, dalam dua pertemuan itu, delegasi telah berdiskusi dan bertukar informasi mengenai tiga isu prioritas untuk mewujudkan percepatan transformasi digital global.

"Sebagai tindak lanjut atas kedua pertemuan tersebut, kami juga telah berkonsultasi dengan negara anggota G20 serta berkoordinasi dengan para Knowledge Partner DEWG. Seluruh masukan tersebut telah kami catat, rangkum, dan olah menjadi rancangan deklarasi, atau yang telah diperkenalkan sebagai Bali Package," kata Johnny dalam keterangannya, Kamis (19/5).

Melalui kedua pertemuan tersebut, kata Johnny, telah dilakukan diskusi dan pertukaran informasi antarnegara G20 dalam tiga isu prioritas DEWG, untuk mewujudkan percepatan transformasi digital secara global.

Ketiga isu tersebut yakni konektivitas dan pemulihan pascaCovid-19, keterampilan digital dan literasi digital, dan data free flow with trust (DFFT) dan cross-border data flow (CBDF).