Pesawat penerbangan haji sudah melalui uji kelaikan

Kementerian Perhubungan terus melakukan uji kelaikan udara terhadap seluruh pesawat yang akan digunakan operasional haji

Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (6/7)./AntaraFoto

Kementerian Perhubungan memastikan seluruh pesawat operasional penerbangan Haji 2019 sudah melalui uji kelaikan dan lulus, sehingga diharapkan tiba di Arab Saudi dengan aman tanpa ada kendala.

"Suatu keharusan bahwa semua pesawat operasional termasuk untuk haji tahun ini laik terbang setelah melalui cek kelaikan udara," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Pramesti di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Jawa Barat, Sabtu.

Kementerian Perhubungan terus melakukan uji kelaikan udara terhadap seluruh pesawat yang akan digunakan operasional haji untuk memastikan laik dan aman dipergunakan.

Sebelumnya Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan 14 unit pesawatnya untuk operasional penerbangan haji tahun 2019 yang akan mengangkut 111.071 jemaah haji asal Indonesia.

Para jamaah tersebut akan diterbangkan dengan 14 pesawat Garuda Indonesia, di antaranya adalah pesawat jenis Boeing 777 (kapasitas 393 tempat duduk), Airbus 330 (kapasitas 360 tempat dudul) dan Boeing 744 (kapasitas 455 tempat duduk).