Pindahan napiter tempati tiga Lapas Nusakambangan

Sebanyak 155 napiter pindahan Mako Brimob kini telah menempati tiga lapas di Nusakambangan, yakni Lapas Pasir, Lapas Batu, dan Lapas Besi.

Rombongan bus yang mengangkut napi teroris Mako Brimob, diseberangkan ke pulau Nusakambangan melalui dermaga penyeberangan Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5)./ Antarafoto

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menyatakan, pindahan para narapidana teroris (napiter) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mako Brimob Depok telah menempati tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Tahanan dan napi teroris dari Mako Brimob saat ini sudah dipindahkan ke tiga lapas di Nusakambangan, yaitu Lapas Pasir, Lapas Batu, dan Lapas Besi," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham Ade Kusmanto kepada Antara di Jakarta, Jumat (11/5).

Ade menjelaskan, pemindahan para napiter dari Mako Brimob ini sebenarnya sudah masuk daftar dan tinggal menunggu waktu, namun justru didahului dengan kerusuhan.

"Masih mempertimbangkan hasil assesment risiko dan kebutuhan, mana yang harus ditempatkan di Lapas high risk dan siapa saja yang bisa ditempatkan di lapas-lapas lainnya," katanya.

Ade mengatakan hasil assesment tersebut diharapkan tidak salah menempatkan orang sehingga proses deradikalisasi berjalan optimal.