PKS dorong pemerintah bentuk TGIPF gagal ginjal akut

Sebanyak 141 anak penderita gagal ginjal akut dari total 245 kasus di 26 provinsi meninggal dunia hingga Senin, 24 Oktober 2022.

Ilustrasi gagal ginjal akut. Freepik

Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani Aher, mendorong pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) untuk mengusut tuntas kasus gagal ginjal akut. Penyakit yang merebak sejak awal 2022 ini telah merenggut ratusan korban jiwa, khususnya anak-anak.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendorong demikian lantaran informasi tentang penyakit tersebut masih belum jelas. Padahal, sudah sebanyak 141 anak penderita dari total 245 kasus di 26 provinsi meninggal dunia hingga hari ini (Senin, 24/10).

"Ibarat membeli kucing dalam karung, kucingnya ini harus dikeluarkan agar segera ketahuan. Apa sebenarnya yang terjadi? Ratusan nyawa anak Indonesia, calon generasi penerus bangsa, melayang, tapi informasi penyebabnya masih gelap dan sangat terbatas," tuturnya.

"Selain  fokus pada upaya pengobatan korban, pemerintah juga harus fokus pada investigasinya agar kasus ini terang benderang," imbuh dia. 

Netty juga menyoroti penarikan beberapa jenis obat sirop di pasaran yang membuat masyarakat cemas. Dia meminta pemerintah menjelaskan tentang dasar kebijakan itu.