Positif Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara, PKS: Evaluasi layanan kesehatan

Kasus penanganan Covid-19 masih jauh dari kata selesai.

Seorang tenaga kesehatan mengambil spesimen untuk swab test terhadap warga di Kota Pekanbaru, Riau. Foto Antara/FB Anggoro.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati, meminta Pemerintah dan Gugus Tugas memerhatikan secara serius angka positif Covid-19 yang terus naik. Hingga sekarang bahkan, angka kematian serta orang positif Covid-19 Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Melihat keadaan ini, perempuan yang karib disapa Mufida itu menegaskan, kasus penanganan Covid-19 masih jauh dari kata selesai. Terlebih, saat ini narasi yang digencarkan adalah kehidupan new normal dengan masyarakat kembali beraktivitas menggunakan protokol baru.

"Angka positif Covid-19 dan kematian akibat Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara harus menjadi alarm bagi pemerintah dalam menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik," ujar Mufida lewat keterangan tertulisnya, Jumat (19/6).

Tingginya angka kasus Covid-19 harus menjadi cermin bagi negara dalam membenahi segala pelayanan kesehatan yang ada. Pasalnya, politikus PKS ini mengatakan, semua negara juga mengalami pandemi dan permasalahan kesehatan juga dirasakan masyarakat Indonesia, dan mereka memiliki penanganan yang baik.

Tidak perlu ada rasa sungkan untuk belajar penanganan berbagai masalah kesehatan dari negara lain, termasuk negara tetangga. Apalagi saat ini bukan hanya angka Covid-19 yang tertinggi di Asia Tenggara, Indonesia juga jeblok dalam beberapa parameter kesehatan di dunia.