PKS tantang Gerindra gelar uji kelayakan cawagub DKI

PKS memastikan kadernya yang akan menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap diuji publik.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik (kiri) bersama Waketum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberikan keterangan pers tentang nama calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta di Kantor Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Senin (20/1/2020). Foto Antara/Aprilio Akbar

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung ada uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Bahkan PKS meminta agar uji kelayakan dilakukan terbuka untuk menarik partisipasi publik.

Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan, uji kelayakan sangat penting untuk mengetahui kapasitas dan kesiapan cawagub. Menurutnya, PKS tidak keberatan jika jagoannya, cawagub Nurmansjah Lubis, diuji.

"Jika perlu melibatkan masyarakat, seperti uji publik, agar para Anggota DPRD DKI Jakarta bisa menggali lebih dalam kapasitas calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno," kata Bari dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/1).

Menurut Bari, masyarakat berhak mengetahui cawagub DKI. Kata dia, uji kepatutan dan kelayakan sekaligus dapat menjadi ajang sosialisi sehingga masyarakat tahu kapasitas kemampuan cawagubnya.

Selain PKS, dukungan uji kelayakan ini juga datang dari berbagai fraksi partai di DPRD DKI, di antaranya PSI, PDIP, Golkar, Demokrat, dan PAN.