sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies berharap Riza Patria dapat bekerja sama

Anies mengaku belum mengetahui kapan jadwal pelantikan wagub DKI dilakukan.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 06 Apr 2020 13:37 WIB
Anies berharap Riza Patria dapat bekerja sama

Proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta telah selesai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat selamat kepada wagub terpilih dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

"Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Ahmad Riza Patria. Saya mengucapkan selamat," kata Anies kepada Wartawan di Jakarta, Senin (6/4).

Anies berharap Ahmad Riza Patria atau Riza dapat bekerja sama dan berkolaborasi secara aktif dalam menyelesaikan program dan permasalahan di Jakarta.

"Insya Allah kita bisa bekerja sama dengan baik," katanya.

Anies juga berharap, Riza Patra dapat segera dikukuhkan dan dilantik sebagai wagub DKI. Dengan begitu, Riza dapat langsung bekerja dan menjalankan tugasnya sebagai orang nomor dua di Jakarta.

"Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya terus mulai bekerja," ujarnya.

Anies mengaku belum mengetahui kapan jadwal pelantikan wagub DKI dilakukan. Hasil pemilihan tersebut terlebih dahulu akan diserahkan langsung oleh DPRD kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah itu, baru dilakukan pelantikan dan pengukuhan.

"Berdasarkan PP Nomor 12/2018, proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan," ujar Anies.

Sponsored

Anies juga menilai penyelenggaraan Paripurna Pemilihan Wagub DKI ini sudah sesuai dengan prosedur. Dia enggan berkomentar banyak terhadap pihak yang mengkritik acara tersebut.

Seperti diketahui, cawagub nomor urut 1 dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta dengan memperoleh  81 suara, sementara lawannya dari Fraksi Partai PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara.

Nama Riza Patria tidak asing di ibu kota. Pria kelahiran Banjarmasin ini rupanya pernah mengikuti kontestasi Pilkada DKI Jakarta pada 2012 sebagai wagub DKI, mendampingi Cagub Hendardji Soepandji. 

Meski tak terpilih sebagai wagub, nama Riza terus melesat. Dia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) pada 2014-2019. Bahkan dia kembali terpilih sebagai anggota DPR untuk periode 2019-2024. 

Selama di DPR, Riza kerap menduduki posisi strategis, yaitu Wakil Ketua Komisi II DPR 2014-2019, dan Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR 2014-2019. Di periode ini dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR 2019-2024, dan Ketua Fraksi Gerindra MPR 2019-2024. 

Riza merupakan lulusan S1 Teknik Sipil ISTN Jakarta dan Master Administrasi Bisnis ITB Bandung. Sejak kuliah, Riza dikenal sangat aktif dalam berbagai organisasi kepemudaan, di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Riza merupakan mantan anggota KPU DKI Jakarta itu. Ia adalah putra Ketua MUI Amidhan Shaberah. Selain sebagai pejabat, dia juga  aktif menggeluti dunia bisnis dengan jabatan Direktur Utama PT Gala Ariatama. Cawagub DKi dari Partai Gerindra itu juga tercatat sebagai pengurus Kadin Indonesia dan sempat menjadi pengurus BPD HIPMI Jaya 2001-2003.

Berita Lainnya