Minimalisasi polusi, PLN klaim KTT ASEAN akan ditunjang energi bersih

KTT ke-43 ASEAN digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023.

PT PLN (Persero) mengklaim, kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023, akan ditunjang energi bersih guna meminalisasi polusi. Dokumentasi Setkab

PT PLN (Persero) mengklaim, kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023, ditunjang energi bersih. Dalihnya, memanfaatkan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).

"Listrik yang digunakan ini adalah listrik yang jauh lebih bersih. Sehingga, dampak terhadap polusi bisa diminimalisir," ucap Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo.

Dicontohkannya dengan peningkatan pemakaian pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) pada pelaksanaan KTT ASEAN. "Ini ada dari PLTGU Muara Karang, PLTGU Muara Tawar, dan PLTGU Priok."

Untuk menekan polutan, PLN pun bakal mengurangi pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya. "Demi menjaga agar tingkat polusi udara di Jakarta bisa segera membaik," katanya.

Darmawan menambahkan, pasokan tenaga listrik PLN telah siap memenuhi kebutuhan KTT ASEAN. Bahkan, merancang sistem listrik tanpa kedip.