PN Jaksel akhirnya bicara soal hakimnya

Majelis halim masih berupaya secara sungguh-sungguh dan profesional dalam menemukan kebenaran materiil (fakta-fakta persidangan).

PN Jaksel. Foto Korlantas Polri

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akhirnya angkat bicara terkait salah satu hakimnya. Isu itu adalah berita viral di media sosial tentang tayangan video tiktok yang menyangkut Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Kelas IA Khusus Wahyu Iman Santoso, yang juga sebagai Ketua Majelis Hakim perkara pidana atas nama terdakwa Ferdy Sambo.

Pejabat Humas PN Jaksel Djuyamto mengatakan, video itu hanya menunjukkan adanya pernyataan normatif soal hukuman yang dapat diterima oleh para terdakwa. Video tersebut hanya bersifat potongan sehingga tidak dapat menunjukkan keterangan secara utuh.

"Bahwa video hanyalah potongan/editan yang ternyata setelah kami klarifikasi kepada beliau telah tidak secara utuh menampilkan pernyataan," kata Djuyamto dalam keterangan, Jumat (6/1).

Djuyamto menyebut, orang yang tidak bertanggung jawab telah membangun narasi menyesatkan dalam video tersebut. Apalagi persidangan masih dalam proses pembuktian.

Majelis halim masih berupaya secara sungguh-sungguh dan profesional dalam menemukan kebenaran materiil (fakta-fakta persidangan). Seperti dengan melakukan pemeriksaan setempat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) (Locus Delicti) perkara.