Pohon tumbang dan banjir landa Makassar

Sebagian wilayah Kota Makassar terendam banjir akibat hujan deras disertai angin kencang.

Seorang ibu mengungsi bersama anaknya di Kelurahan Paccerakkang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (22/01/2019). Akibat hujan deras disertai angin kencang, sejumlah wilayah di Kota Makassar terendam banjir. / Antara Foto

Sebagian wilayah Kota Makassar terendam banjir akibat hujan deras disertai angin kencang.

Hujan yang mengguyur ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya  itu terjadi sejak Senin (21/1) malam hingga Selasa (22/1). 

"Ada sejumlah titik di wilayah Kota Makassar terendam air, dan sementara ini tim gabungan penanggulangan bencana sudah turun ke lokasi tersebut untuk memberikan bantuan sekaligus siap melakukan evakuasi terhadap warga korban terdampak," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Taufiek Rahman, Selasa (22/1).

Beberapa titik fokus perhatian sementara dari BPBD Makassar di antaranya kawasan pemukiman Kodam III Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya. Lokasi ini berbatasan dengan Kabupaten Maros yang berdekatan dengan anak sungai di wilayah itu.

Kondisi banjir di kawasan tersebut, terutama di Lorong Kotipa 16-14, volume genangan air sudah mencapai sekitar 1,3-1,5 meter atau setinggi leher orang dewasa. Selain itu juga di Lorong Kotipa 08-13, ketinggian airnya sudah mencapai satu meter atau setinggi dada orang dewasa, sementara di Lorong Kotipa 6-7 ketinggian air mencapai 50-70 sentimeter atau setinggi pinggang orang dewasa.