Polisi dalami modus pengiriman narkoba lewat kargo udara

Pengiriman narkoba lewat kargo udara terus terjadi di berbagai wilayah Indonesia terutama daerah perbatasan.

Pengiriman narkoba lewat kargo udara terus terjadi di berbagai wilayah Indonesia terutama daerah perbatasan. / Antara Foto

Pengiriman narkoba lewat kargo udara terus terjadi di berbagai wilayah Indonesia terutama daerah perbatasan. Kepolisian Indonesia mulai mendalami modus pengiriman narkoba melalui kargo tersebut. 

Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mulai mendalami pengiriman narkoba dari bandara di Kalimantan menuju sejumlah wilayah Indonesia, seperti ke Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu. 

"Pendalaman itu kami lakukan untuk mencari siapa pengirim dan penerima barang haram tersebut," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar, Kombes (Pol) Gembong Yudha, Minggu (3/3).

Dia menjelaskan, pengiriman narkotika melalui kargo tersebut, menggunakan alamat dan identitas palsu. Narkoba akan dikirim secara bervariasi ke luar Kalimantan.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga terus mengawasi dan memperketat jalur tikus dari Malaysia yang menjadi jalan distribusi ilegal bagi pengedar narkoba lintas negara.