Polisi sarankan warga mudik lebih awal

Ajakan mudik awal tersebut tidak lain untuk mengurangi beban kondisi jalanan.

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi. Dok. Korlantas Polri

Korps Lalu Lintas (Korlantas) menerapkan langkah-langkah dalam mencegah penumpukan kendaraan di sejumlah titik jalur mudik Lebaran 2022. Apalagi, situasi tersebut kerap menjadi momok selama proses mudik berlangsung.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi pun mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal. Menurutnyam dengan mudik lebih awal maka akan mencegah penumpukan kendaraan pada saat cuti liburan diberlakukan.

“Kami mendasari atas jadwal-jadwal yang sudah ditetapkan Kami mendapatkan informasi bahwa anak-anak kita sudah diliburkan pada tanggal 22 April tapi kami juga mendapat informasi untuk para orang tua tenaga kerja ASN itu baru diberikan cuti pada tanggal 29 April,” kata Firman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/4).

Firman menyampaikan, ajakan mudik awal tersebut tidak lain untuk mengurangi beban kondisi jalanan. Apabila dapat dilakukan dengan tidak mudik serentak, maka ada kemungkinan beban tersebut berkurang.

“Mudik lebih awal, ini akan mengurangi beban kepadatan lalu lintas pada 28 April sampai tanggal 1 Mei yang kami rencanakan,” sambung Firman.