Polisi amankan pemakaman Ani Yudhoyono

Pengamanan tidak hanya melibatkan anggota Polres Metro Jakarta Selatan, tapi juga dari Polda Metro Jaya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Herawati Boediono (kanan), Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi (keempat kanan) meninjau UKM batik tulis Lasem hasil Binaan BNI saat membuka pameran kerajinan Inacraft ke-16, di Jakarta, Rabu (23/4)./ Antara Foto

Polres Metro Jakarta Selatan mengaku sudah mempersiapkan rencana pengamanan prosesi pemakaman istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (2/6).

"Kami akan melakukan persiapan pengamanan terkait rencana pemakaman yang akan dilakukan di TMP Kalibata," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Indra Ja'far, Sabtu (1/6).

Pengamanan tidak hanya melibatkan anggota Polres Metro Jakarta Selatan, tapi juga dari Polda Metro Jaya. Ia menjelaskan pengamanan akan dilakukan saat almarhumah tiba dan sampai selesai dimakamkan.

"Kami juga akan monitoring dan melakukan pengawalan begitu jenazah tiba sampai persemayaman dan pemakaman," katanya.

Untuk pengalihan arus di sekitar lokasi akan bersifat situasional, tergantung keadaan di lapangan. "Nanti kami lihat apabila dibutuhkan. Kami akan koordinasi dengan jajaran lalin (lalu lintas) Polda dan Polres. Kalau perkembangan situasi pengunjung yang datang banyak, maka akan dilakukan pengalihan arus. Jadi kami lihat saja kalau normal, tidak ada pengalihan arus lalin," paparnya.