Politikus PDIP minta masyarakat bijak menyampaikan pendapat soal bahaya Omicron

Di masa pandemi ini, semua pihak selayaknya bergotong-royong memerangi Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmat Handoyo. Foto dpr.go.id/Oji/Man

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta semua pihak menahan diri dan bersikap bijak dalam menyampaikan pendapat terkait penanganan pandemi Covid-19, terutama terkait varian Omicron.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, komentar yang dipaksakan akan membuat masyarakat bingung hingga pada gilirannya kepercayaan terhadap aturan yang dibuat pemerintah berkurang.

Baru-baru ini, mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Siti Fadilah Supari sempat menyebut jika varian Omicron yang pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan ini terlalu dibesar-besarkan, dan hanya membuat masyarakat ketakutan.

"Ada komentar yang terlalu dipaksakan, misalnya disebut-sebut bahwa Omicron tidak berbahaya, Omicron terlalu dramatisasi, Omicron terlalu dibesar-besarkan sehingga membuat masyarakat takut. Komentar seperti ini kan kurang bijak, karena para ahli epidemiologi  diseluruh dunia pun  belum bisa memastikan tingkat keparahan Omicron itu," kata Rahmad kepada Alinea.id, Rabu (22/12)

Politikus PDI Perjuangan ini menyebut, saat ini kasus Covid-19 di Amerika Serikat melonjak lagi dan 75% kasus di negara paman Sam tersebut didominasi varian Omicron. Tak hanya di Amerika, nyaris diseluruh negara di dunia saat ini sedang fokus menghadapi varian Omicron.