Polri kantongi identitas para perusuh di Wamena

Kondisi Wamena berangsur-angsur pulih pascakerusuhan yang menewaskan puluhan orang.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan), Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kedua kiri belakang) tiba di Bandara Pangkalan TNI AU Papare Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (8/10). /Antara Foto

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengatakan, kepolisian telah mengantongi identitas para perusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Para perusuh mayoritas merupakan anggota United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Menurut Tito, pasukan TNI dan Polri akan terus dikerahkan untuk mengejar para pelaku kerusuhan yang menyebabkan puluhan warga Wamena tewas. 

"Pergelaran pasukan akan terus dilakukan hingga wilayah ini benar-benar aman," kata Tito kepada wartawan di Sentani, Papua, Rabu (10/10) lalu. 

Menurut Kapolri, situasi di Wamena dan sejumlah kota di Papua yang sempat dilanda kerusuhan berangsur kondusif. Karena itu, ia berharap para pengungsi kembali ke Wamena dan daerah lainnya di Papua.

Terpisah, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan sejumlah sentra perekonomian di Wamena mulai beraktivitas seperti biasa.