sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Polri kantongi identitas para perusuh di Wamena

Kondisi Wamena berangsur-angsur pulih pascakerusuhan yang menewaskan puluhan orang.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Kamis, 10 Okt 2019 05:00 WIB
Polri kantongi identitas para perusuh di Wamena

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengatakan, kepolisian telah mengantongi identitas para perusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Para perusuh mayoritas merupakan anggota United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Menurut Tito, pasukan TNI dan Polri akan terus dikerahkan untuk mengejar para pelaku kerusuhan yang menyebabkan puluhan warga Wamena tewas. 

"Pergelaran pasukan akan terus dilakukan hingga wilayah ini benar-benar aman," kata Tito kepada wartawan di Sentani, Papua, Rabu (10/10) lalu. 

Menurut Kapolri, situasi di Wamena dan sejumlah kota di Papua yang sempat dilanda kerusuhan berangsur kondusif. Karena itu, ia berharap para pengungsi kembali ke Wamena dan daerah lainnya di Papua.

Terpisah, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan sejumlah sentra perekonomian di Wamena mulai beraktivitas seperti biasa. 

"Kemudian khususnya proses belajar-mengajar terus sudah berlangsung dalam minggu ini," kata Asep di Jakarta, Rabu (9/10).

Membaiknya situasi Wamena juga ditandai dengan kembalinya 106 warga yang kota tersebut. Menurut Ade, mereka adalah warga yang sebelumnya sempat mengungsi ke Jayapura.

"Untuk itu, aparat TNI dan Polri juga terus bekerja menjaga situasi yang itu dapat diberikan jaminan bahwa akan aman pascakerusuhan," ujar dia. (Ant)
 

Sponsored