Polri kerahkan 200 ribu personel amankan pilkada

Polri telah melakukan pemetaan kerawanan Pilkada 2020.

Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Kapolri di ruang Komisi III, Komplek Parlemen, Jakarta/Foto Antara

Polri telah menyiapkan 200 ribu personel untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada September 2020. Ratusan ribu personel yang akan mengamankan 270 wilayah Pilkada serentak tersebut tergabung dalam Operasi Mantap Brata.

“Saat ini sudah disusun kekuatan oleh Polri, kurang lebih 200 ribu personel untuk mengamankan Pilkada di 270 wilayah,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes, Asep Adi Saputra, di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Jumat (31/1).

Menurut Asep, pembagian personel di 270 wilayah tersebut akan disesuaikan dengan tingkat kerawanannya yang masih dalam pembentukan.

“Setelah dianalisa kita akan menentukan bagaimana cara bertindaknya dan kekuatannya berapa saja yang akan diterjunkan,” ucap Asep.

Sebelumnya, Polri telah melakukan pemetaan kerawanan dalam Pilkada 2020. Hasilnya ada sembilan provinsi tergoolong rawan.