Polri siapkan fasilitas dan dokter tangani coronavirus

Kepolisian juga memperketat lokasi karantina di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Landing Craft Utility (LCU) KRI Soeharso mengangkut 188 WNI ABK World Dream untuk diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay

Mabes Polri mempersiapkan fasilitas dan dokter untuk membantu penanganan coronavirus jenis baru (Covid-19) di Tanah Air. Namun, tak disebutkan berapa jumlah tenaga medis yang disiapkan.

"Polisi siapkan dokter dari Dokkes (Divisi Kedokteran dan Kesehatan) Polri. Kita juga bantu apa saja yang dibutuhkan. Karena sudah disiapkan sarana dan dokter," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (2/3).

Dia menambahkan, Polri bersama TNI juga bakal membantu pengamanan program observasi yang dilakukan pemerintah terhadap warga terduga terinfeksi Covid-19. Dicontohkan dengan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Di sana, tengah dilakukan karantina terhadap warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) pesiar Diamond Princess dan World Dream. Kini, takada lagi nelayan yang dapat masuk ke sana hingga program usai.

"Kita lakukan pengamanan bersama TNI di dalam pulau tersebut. Diharapkan tidak ada nelayan ataupun orang lain yang masuk," tuturnya.