Ponpes di Jatim akan pakai vaksin Covid-19 AstraZeneca

MUI sempat menerbitkan fatwa haram untuk vaksin Covid-19 AstraZeneca karena dinilai mengandung babi.

Ilustrasi. Freepik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, vaksin Covid-19 produksi Oxford-AstraZeneca akan digunakan di sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur (Jatim). Keputusan diambil setelah bersua dengan para pemuka agama setempat.

"Tadi pagi, saya bertemu dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Timur, sudah bertemu dengan para kiai di Provinsi Jawa Timur mengenai vaksin AstraZeneca.Beliau-beliau tadi menyampaikan, bahwa Jawa timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren-pondok pesantren," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Sidoarjo, Senin (22/3).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun mengklaim warga Jatim antusias menyambut pelaksanaan imunisasi. Karenanya, berjanji segera mendistribusikan vaksin Covid-19 AstraZeneca.

"Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan ke provinsi-provinsi yang lain," ucapnya.

MUI diketahui menerbitkan fatwa haram untuk vaksin Covid-19 AstraZeneca karena dinilai mengandung babi. Meski demikian, boleh digunakan dalam keadaan darurat.