Soal pre order vaksinasi Covid-19, Ketua MPR: Jelas terburu-buru

Kepastian waktu ketersediaan vaksin untuk kebutuhan dalam negeri belum dapat ditetapkan. 

Ilustrasi. Pixabay

Pemerintah diminta tidak memberi ruang bagi spekulasi jual-beli vaksininasi Covid-19 melalui skema jalur mandiri. Pendaftaran progam vaksinasi yang telah dilakukan sejumlah rumah sakit dinilai tergesa-gesa.

"Inisiatif pihak tertentu yang mulai membuka pemesanan atau pre order vaksin corona jalur mandiri pada saat sekarang ini jelas terlalu terburu-buru," ujar Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dalam keterangannya, Selasa (15/12).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menilai, kepastian waktu ketersediaan vaksin untuk kebutuhan dalam negeri belum dapat ditetapkan. 

Di samping itu, harga vaksin juga belum ditetapkan oleh pemerintah. "Bahkan pola distribusi vaksin dan metode jual-belinya juga masih dalam tahap rencana. Karena segala sesuatu tentang vaksin corona dan vaksinasi masih dalam tahap perencanaan dan pembahasan," ujar Bamsoet.

Karena itu, dia meminta, semua pihak untuk tidak berspekulasi terkait vaksinasi Covid-19 guna menghindari kerugian masyarakat. Bamsoet menegaskan, pengembangan vaksin pelt merah, Bio Farma belum melayani pre order vaksin corona jalur mandiri untuk keperluan apapun meski terdapat wacana akan ada metode pembelian dengan pemesanan lebih dahulu.