Presiden ingatkan kepastian pembelian vaksin Covid-19 

Menurut Jokowi, pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 di lapangan sudah baik. Ia meminta, simulasi itu terus dilakukan.

Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas laporan KPCPEN di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11/2020)./YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Presiden Joko Widodo meminta laporan mengenai kepastian vaksin Covid-19 sampai di Indonesia. Ia menuturkan, proses administrasi dan pembayaran mestinya sudah dilakukan.

"Kemudian kesiapan vaksinasi sudah berapa persen, baik yang menyangkut proses distribusi, persiapan cold chain, seller-nya seperti apa, dan proses administrasi menuju tahapan-tahapan ke BPOM yang berkaitan dengan emergency use of authorization seperti apa. Saya ingin mendapatkan laporannya," ujarnya, Senin (23/11).

Menurut Jokowi, pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 di lapangan sudah baik. Ia meminta, simulasi itu terus dilakukan. "Saya akan ngecek satu atau dua kali lagi, sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul dalam kondisi yang sudah sangat baik," katanya. 

Selain itu, Jokowi mengatakan, yang paling penting simulasi tersebut terus dilihat dan dievaluasi mekanisme proses distribusinya agar nanti perjalanan vaksin ke daerah-daerah aman dan lancar.

Pada Rabu (18/11), Jokowi meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Harapan Keluarga, Tanah Sereal, Bogor.