Presiden Joko Widodo "kulo nuwun" ke tokoh adat Kaltim

Pertemuan tersebut berlangsung di restoran di Balikpapan selama sekitar 30 menit. Presiden Jokowi bertemu dengan 30-an tokoh adat Kaltim.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12).Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Presiden Joko Widodo menyampaikan permisi (kulo nuwun) ke tokoh adat Kalimantan Timur terkait dengan perpindahan ibu kota negara ke wilayah provinsi tersebut.

"Tadi dengan para tokoh-tokoh di Kalimantan Timur saya menyampaikan permisi, ketuk pintu, tuk tuk tuk, 'kulo nuwun', bahwa setelah keputusan pemindahan ibu kota, kami ingin masuk ke Kukar (Kutai Kartanegara) dan PPU (Penajam Paser Utara)," kata Presiden Joko Widodo di pintu tol Samboja, Kutai Kartanegara, Selasa (17/12).

Pertemuan tersebut berlangsung di restoran di Balikpapan selama sekitar 30 menit. Presiden Jokowi bertemu dengan 30-an tokoh adat Kalimantan Timur.

"Para tokoh menyampaikan selamat datang dan mempersilakan kami untuk segera dimulai (membangun). Hanya tadi ada beberapa usulan pembangunan universitas, perguruan tinggi. Saya kira itu jadi bagian rencana, sehingga tidak masalah," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan keinginannya agar Indonesia bisa memiliki pusat inovasi, riset, dan teknologi kelas dunia seperti "Silicon Valley" di Amerika Serikat.