Presiden Jokowi resmikan PLBN Sota

Ia menjadi PLBN kedua di Papua yang dibangun dan diresmikan pemerintahan Jokowi dalam 7 tahun terakhir.

Presiden Jokowi (kedua kiri) saat menandatangani prasasti peresmian PLBN Sota di Merauke, Papua, pada Minggu (3/10/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden/Alinea.id/Clarissa Ethania

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sota, di Kabupaten Merauke, Papua, pada Minggu (3/10). Diharapkan menjadi representasi kemajuan Indonesia.

Untuk merealisasikannya, klaim dia, pemerintah dalam tujuh tahun terakhir gencar merevitalisasi PLBN di berbagai perbatasan negara. PLBN Sota menjadi fasilitas ke-8 di Indonesia atau ke-2 di "Bumi Cenderawasih".

"Dengan wajah baru, dengan tampilan baru, dan juga yang paling penting dengan cara-cara pelayanan yang baru, yang lebih baik, yang menjadi cerminan komitmen kita untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan," ujarnya dalam acara, beberapa saat lalu.

Jokowi pun berharap, kehadiran PLBN Sota bermanfaat bagi masyarakat baik dari sisi keamanan, perekonomian, maupun dalam meningkatkan nasionalisme bangsa.

"Saya berharap PLBN Sota ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih nyaman kepada masyarakat kita, Indonesia, yang melintasi perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini dan meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan, serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru, dan membuat masyarakat di perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita, Indonesia,” tuturnya.