Proses tender pembangunan sirkuit Formula E diklaim transparan

Manager Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan, proses lelang sudah berjalan sejak Senin (10/1).

Ajang balap mobil Formula E. Foto Dokumentasi Formula E

Pembangunan Jakarta E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, akan dimulai pada bulan Februari 2022. Dilansir dari http;//eproc.jakarta-propertindo.com/, tender sirkuit Formula E memiliki Harga Perkiraan Sendiri (HPS) senilai Rp. 50,15 miliar. 

Nantinya, lintasan balapan mobil listrik tersebut memiliki total panjang 2,4 kilometer dengan lebar 16 meter. Trek akan memiliki 18 tikungan dengan lintasan lurus sepanjang 600 meter.

Manager Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan, proses lelang sudah berjalan sejak Senin (10/1). Ia pun membantah proses lelang berlangsung diam-diam. “Bukan diam-diam, enak saja diam-diam. Enggak diam-diam itu,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (14/1) malam.

Formula E akan berlangsung pada Senin (6/6). Gunung optimistis pengerjaan JIEC dapat tuntas dalam waktu 5 bulan.  “Ya memang (pengerjaan JIEC bisa hanya) 3 bulan selesai),” tuturnya.

Rencananya, balapan Formula E dilaksanakan Juni 2022. Pendaftaran perusahaan peserta tender untuk menggarap sirkuit sudah ditutup pada Selasa (11/1). Diperkirakan lelang akan berjalan selama 1 bulan. Setelah lelang, pengerjaan sirkuit dimulai dan membutuhkan waktu 3 bulan.