Proyek Palapa Ring paket timur rampung pada 2019

Dalam paket timur ini, panjang kabel optik yang membentang di bawah laut sekitar 4.426 kilometer dan darat sekitar 2.452 kilometer.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan, sudah ada tambahan satu kapal dari sebelumnya tiga kapal yang dikerahkan menggelar kabel serat optik bawah laut di beberapa titik, termasuk di provinsi Maluku./AntaraFoto

Pengerjaan proyek infrastruktur telekomunikasi proyek Palapa Ring Paket Timur akan rampung pada 2019.

"Kami targetkan pada 2019 seluruh wilayah Indonesia, setidaknya di tingkat kabupaten/kota sudah dapat menikmati internet pita lebar (broadband), sekaligus mengatasi kesulitan telekomunikasi di semua wilayah di tanah air, terutama kawasan timur Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara, di Ambon, Senin (13/8)

Sudah ada tambahan satu kapal dari sebelumnya tiga kapal yang dikerahkan menggelar kabel serat optik bawah laut di beberapa titik, termasuk di Provinsi Maluku.

Tiga kapal yang sebelumnya dikerahkan PT Palapa Timur Telematika (PTT) selaku pelaksana proyek Palapa Ring paket Timur yakni, Pacific Guardian, Nostag 10 dan Teliri. 

Saat ini, pengerjaan palapa ring timur ada di Maluku. Yakni dengan membentangkan kabel laut yang menghubungkan daerah Saumlaki, kabupaten Maluku Tenggara Barat(MTB), Tual serta Dobo, Kepulauan Aru yang merupakan segmen ketiga hingga menyambung ke provinsi Papua.